VOC Kampung Inggris Pare Kediri jatim

VOC English Course Kampung Inggris Pare, adalah sebuah tempat pembelajaran atau kursus bahasa inggris yang terletak di Kampung Inggris:

Jl.Brawijaya 72 Tulungrejo Pare
Kediri
Jawa Timur. 64212
Tlp.0354-391370



  • Surat Izin Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemerintah Kab.Kediri Nomor: 421.9/245/418.47/2012
  • Surat Izin Dinas Tenaga Kerja Nomor: 563/576/418.54/2015


Sejarah Awal VOC Kampung Inggris Pare Kediri


Berawal dari hanya menyediakan tempat atau asrama bagi mereka yang belajar bahasa inggris di Kampung Inggris Kediri Jawa Timur 64212, akhir nya VOC Kampung Inggris Pare pun berkembang menjadi menjadi English Course ditempat yang dimiliki sendiri.

Pada dekade tahun 1990 an dan awal 2000 an tempat ini merupakan homestay bagi para siswa BEC Pare. Pada waktu itu tempat kursus bahasa inggris di kampung ini hanya ada BEC dan Liberty saja.

Tempat ini sangat diminati sebagai tempat kost para siswa BEC pada waktu itu, karena di kampung ini belum banyak yang memiliki telephone rumah pada masa itu, hanya beberapa rumah saja.

Dan pada waktu itu keberadaan telephone seluler masih belum exist seperti saat ini.


Venus House


Adalah budaya dari para siswa BEC untuk selalu memberi nama tempat kost atau homestay mereka

Tujuan memberikan nama pada tempat kost dimana mereka tinggal adalah terkait dengan budaya para siswa BEC untuk melakukan study club setiap malam.

Study Club tersebut dilakukan dengan berpindah-pindah, misalkan malam ini study club di tempat kost si A

Kemudian untuk besok di tempat kost si B dimana teman satu kelompok study club tersebut tempat kost nya berada.

Dengan memberikan nama pada tempat kost tersebut "A House" atau "B House" salah satu tujuannya adalah untuk memudahkan mereka mengetahui dimana tempat kost tersebut.

Sehingga mempermudah mereka mengetahui di tempat kost mana study club untuk malam ini dan malam berikutnya.

Pada waktu itu tempat ini dinamakan Venus House oleh para siswa BEC yang kost disini.


VOC (Venus Original Camp)


Seiring berjalannya waktu mereka juga ingin ada kegiatan lain selain study club malam hari juga ada kegiatan pagi hari.

Pagi hari mereka berlatih retelling stories dari materi pelajaran yang digunakan oleh BEC, yaitu dari buku Practice and Progress bagian dari kumpulan english lessons ciptaan L.G Alexander yang berjudul New Concept English

Pada waktu itu kegiatan belajar mereka disini dibimbing oleh senior-senior mereka yang telah lulus Training Class BEC yang masih ada di pare atau belum pulang kampung.

Karena tidak hanya berfungsi sebagai homestay saja, kemudian para siswa BEC yang tinggal di tempat ini merubah nama dari Venus House menjadi Venus Original Camp atau VOC.


VOC English Course


Karena sering banyak calon siswa BEC yang tinggal di tempat ini menunggu kelas BEC dimulai sampai satu bulan lebih,

Akhirnya tempat ini pun berkembang lagi menjadi VOC English Course.

Tempat kursus ini mengajarkan basic english dengan lebih menekankan latihan speaking untuk conversation dan presentation.

Hingga saat ini di VOC Kampung Inggris Pare Kediri siswa atau peserta kursusnya tidak hanya mereka yang akan masuk BEC saja

Mengingat waktu kursus di BEC adalah 6 bulan itupun jika lulus terus dari CTC candidate training class menuju TC training class.

Peserta kursus di VOC Pare juga mereka yang hanya punya waktu jangka pendek karena faktor pekerjaan atau harus segera melanjutkan ke jenjang akademis yang lebih tinggi

Dan ada juga mereka yang selalu datang ke tempat kursus ini untuk mengisi waktu liburan sekolah atau kuliah dengan berlatih speaking di sini.

Dengan keunggulannya sebagai salah satu tempat yang memiliki tempat terluas di Kampung Inggris Pare Kediri,

VOC Pare melakukan terobosan untuk melaksanakan pembelajaran ditempat milik mereka sendiri secara tersentral dan tidak terbagi-bagi.

Pemilik tempat kursus VOC Pare adalah warga kampung desa tulungrejo ini, jadi tempat ini merupakan milik sendiri tidak sewa.

Sehingga bisa memfokuskan area belajar di satu tempat jika peserta kursus ingin lokasi homestay atau tempat kost dan kursusnya di satu area tidak terpisah.

Selain itu, tersentralnya area juga akan memudahkan pelaksanaan pembelajaran dan juga pengawasannya. Fasilitas dan Keunggulan VOC Pare antara lain:
  • Homestay atau tempat kost untuk para peserta khusus berkapasitas lebih dari 200 orang,
  • Luas lokasi lebih dari 3000 meter persegi, merupakan salah satu lokasi terluas di Kampung Inggris Pare, halaman yang luas ini sangat mendukung para peserta kursus bahasa inggris untuk melakukukan aktifitas dan mengembangkan kreatifitas terbaik mereka
  • Tempat belajar dan asrama tersentral milik sendiri tidak sewa
  • Asrama yang layak huni dan nyaman untuk mendukung proses belajar para peserta kursus
  • Biaya Kursus yang sangat terjangkau untuk semua kalangan terutama kelas menengah kebawah sesuai moto dari pionir kampung ini adalah pendidikan yang murah merakyat dan berkarakter.